by

Riyanto Nahkodai KBBKT Paser 2019-2024

TANA PASER ,peloporonline.com– Ketua Pengurus Anak Cabang (PAC) Kerukunan Bubuhan Banjar Kalimantan Timur (KBBKT) Batu Sopang, Riyanto akhirnya terpilih sebagai Ketua KBBKT Paser masa Bhakti 2019 – 2024, melalui Musyawarah Cabang Ke IV Kerukunan Bubuhan Banjar Kalimantan Timur (KBBKT) Kabupaten Paser yang digelar di Gedung Pertemuan PKK Kabupaten Paser, Rabu (2/10).

 Riyanto yang juga menjabat Ketua Formas Passel ini berhasil meraih dukungan 6 PAC dari 10 PAC KBBKT Paser se Kabupaten yang bermusyawarah, dengan suasana keakraban. Riyanto saat berbincang dengan media ini, Kamis (3/10) mengungkapkan dengan dukungan 10 PAC KBBKT yang ada di Kabupaten Paser, ia bertekad KBBKT sebagai salah satu organisasi yang eksis dan maju bersama dengan organisasi kedaerahan lainnya Seperti Lembaga Adat Paser, Ikapakarti, Paku Jamur.

“Kami (KBBKT Paser) akan mewujudkan harapan pemkab paser untuk meningkatkan semangat persatuan, solidaritas dan kebersamaan dalam lingkungan pergaulan didalam masyarakat dengan menghidari pertikaian, tindakan-tindakan anarkis, SARA dan gesekan-gesekan yang bernuansa politis,”ujar Riyanto.

Disebutkan Riyanto, KBBKT Paser kedepan akan pro aktif untuk ambil bagian dalam mewarnai dinamika pembangunan di Kabupaten Paser, tentu saja melalui profesi yang digeluti masing-masing anggota. Dengan demikian KBBKT bisa eksis ditengah-tengah masyarakat. Karena seperti disebutkan Bupati dalam sambutannya yang dibacakan asisten kesra,  di Kabupaten Paser bubuhan banjar termasuk suku yang berdomisili dominan, baik sebagai pedagang, pebisnis hingga aparatur Pemerintah.

Selain itu, dalam catatan sejarah, Kabupaten Paser sendiri sebelum menjadi daerah tingkat II Kalimantan Timur merupakan bagian dari salah satu daerah Provinsi Kalimantan Selatan, sehingga semua elemen masyarakat Paser tidak merasa asing dan telah menyatu baik dengan bubuhan banjar.

“Sebagai suku asli Kalimantan, sejak sekian lama suku Banjar telah menyatu, membaur dan menjadi bagian tak terpisahkan dan sejarah juga telah mencatat, bahwa Urang Banjar di Kaltim telah banyak berkontribusi besar terhadap pembangunan yang dibuktikan dengan tampilnya tokoh-tokoh Banjar menjadi pemimpin. Mulai dari tingkat terendah sebagai kepala kampung, camat, bupati atau walikota, hingga menjadi seorang Gubernur,”beber Riyanto.

Saat disinggung kemana arah politik KBBKT Paser, menjelang Pilkada Paser 2020, Riyanto membeberkan berpolitik adalah hak setiap warga negara, untuk menentukan kemana arah politik KBBKT, semua keputusan ada ditangan seluruh anggota dan pengurus, dan sampai sejauh ini KBBKT belum menentukan sikap dan arah politik menjelang Pilkada Paser 2020. (nas/peloporonline.com)

Comment

News Feed