by

Makmur Jaya Kembangkan Budi Daya Semangka

TANA PASER,peloporonline.com – Desa Makmur Jaya, Kecamatan Longkali memberdayakan lahan pertanian menjadi kebun Semangka, dari 25 Hektare lahan pertanian yang ada 15 Hektare diantaranya diberdayakan menjadi kebun semangka. Kepala Desa Makmur Jaya, Suhono terobsesi menjadikan Makmur Jaya sebagai Produsen Semangka di Kabupaten Paser.

“Alhamdulillah dari 25 hektar lahan pertanian yang ada, sudah diberdayakan sebagai kebun semangka, sudah dua kali panen, panen yang kedua dihadiri ketua DPRD Paser, dan unsur muspika kecamatan,”ujar Kades Suhono saat berbincang dengan media ini, rabu (9/10).

Disebutkan Suhono, perhektar bisa panen 25 ton semangka, ketika panen raya yang kedua kalinya, warga berinisiatif mengundang Muspika, dan desa mewujudkan aspirasi tersebut dengan menggelar panen raya, dan kebetulan ketua DPRD Paser bisa hadir saat panen raya. Selain itu Suhono mengaku akan mengembangkan sejumlah varitas semangka yang ada seperti new dragon, farmer giant, dan yellow baby.

“Yang ditanam warga saat ini adalah jenis new dragon, kedepan akan diberdayakan varitas lain seperti Farmer giant,semangka coba dikembangkan karena memiliki pangsa pasar, dan nilai ekonomis yang lumayan,”ujar Suhono.

Dibagian lain, Ketua DPRD Paser Hendra Wahyudi mengapresiasi yang diupayakan oleh warga Makmur Jaya, dan ia berharap kedepannya, lahan pengembangan semangka ini, bisa ditanam beberapa jenis varitas lainnya agar kedepannya bisa memenuhi kebutuhan atau permintaan pasar. (Nas/peloporonline.com)

Comment

News Feed